SOAL LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK TINGKAT PROVINSI BANTEN – 2013 CILEGON

BIDANG LOMBA IT – NETWORKING SUPPORT

CATATAN 1. Soal ini dibuat oleh panitia Lomba Kompetensi Siswa 2013 tingkat provinsi Banten dimana yang menjadi tuan rumah adalah Kota Cilegon. 2. Ada beberapa tata bahasa yang saya modifikasi pada dokumen ini, tapi inti dari isi dan seluruh detail tetap sesuai dengan soal aslinya. 3. Pada dokumen ini, soal sudah saya terjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan bagi yang ingin mempelajari. Pada saat lomba, bahasa yang digunakan untuk soal adalah bahasa Inggris. 4. Dokumen ini bisa anda dapatkan dengan cara mengunduh di www.ajiprakoso.com/soallks2013.

1|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

DESCRIPTION OF PROJECT AND TASKS Ada sebuah SOHO bernama ITService. Manajemen dari IT Service mengijinkan client nya untuk terhubung ke internet melalui Router. Administrator jaringan bisa meng-konfigurasi Router melalui internet menggunakan koneksi aman (secure connection). Anda harus membangun sistemnya, sehingga jaringan memiliki konfigurasi untuk mendukung kebutuhan. SECTION 1 – OPERATING SYSTEM INSTALLATION Part 1 – Instalasi OS PC Router 1. Install sistem operasi Linux Debian 5.0 pada PC Router. Jangan install GUI seperti KDE, GNOME, dll. 2. Atur host name, Root password dan IP Address untuk network card. CATATAN : Host name, Root password dan IP Address untuk network card akan diinformasikan saat kompetisi. Part 2 – Instalasi OS PC Server 1. Install SO pada PC server sama seperti PC Router. Jangan install GUI seperti KDE, GNOME, dll. 2. Atur host name, Root password dan IP Address untuk network card. CATATAN : Host name, Root password dan IP Address untuk network card akan diinformasikan saat kompetisi. Part 3 – Instalasi OS untuk laptop client 1. Install OS Windows 7 pada laptop client. Pastikan semua komponen yang diperlukan sudah di-install 2. Buat 2 partisi dengan : - C: 40GB - D: 20GB - Biarkan sisanya, tidak usah di partisi. 3. Install driver network card 4. Atur laptop client seperti berikut : - Comany name : IT Service - Computer name : Laptop-xx (xx adalah nomor peserta, contoh Laptop-01) - Atur username dan password. (username dan password akan diberikan pada saat kompetisi berlangsung)

2|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

SECTION 2 – CABLING AND ACCESS POINT Part 4 – Pengkabelan Buat dua buah kabel straight dengan panjang sesuai dengan jarak antara PC Router ke switch dan PC Router ke access point, lalu beri label “ST-xx” di dekat masing-masing konektor standar T568B. Buat dua buah kabel cross dengan panjang ± 2 meter lalu beri label “CO-xx” dekat masingmasing konektor Catatan : xx adalah nomor peserta Part 5 – Instalasi Jaringan Atur jaringan sesuai dengan gambar berikut :

Part 6 – Konfigurasi Access Point Wireless Konfigurasikan AP dengan detail sebagai berikut : -

Atur IP Address Access Point Atur autentikasi dengan WPA-PSK Atur SSID Nonaktifkan SSID Broadcast Atur filtering MAC Address pada AP sehingga hanya laptop client yang bisa mengakses.

3|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

Catatan : IP Address, Autentikasi WPA-PSK dan SSID akan diinformasikan pada saat kompetisi berlangsung. SECTION 3 – PC ROUTER CONFIGURATION Part 7 – Konfigurasi PC Router 1. Konfigurasikan PC Router sehingga memungkinkan client terkoneksi ke internet, menggunakan proxy server. 2. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 8 – Konfigurasi DHCP Server 1. Konfigurasikan DHCP Server dengan alamat IP yang valid yang dibutuhkan untuk terkoneksi ke laptop client. 2. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 9 – Konfigurasi Telnet Server 1. Konfigurasikan Telnet Server menggunakan inetd. 2. Buat akun Admin sebagai duplikasi dari akun Root. 3. Nonaktifkan login Root melalui jaringan. Part 10 – Sinkronisasi Waktu 1. Atur NTP server. Gunakan waktu lokal sebagai waktu di server. 2. Sinkronisasi waktu di laptop client dengan NTP server di PC server. Part 11 – Konfigurasi VPN Server Atur VPN server untuk mengijinkan komputer admin untuk terhubung ke PC Router. Part 12 – Konfigurasi Firewall 1. Konfigurasikan Packet Filtering Firewall untuk mengizinkan DHCP, DNS, HTTP, HTTPS, SSH, SMTP, FTP, IMAP, POP dan port squid. Block paket selain paket tersebut. 2. Konfigurasikan Circuit Level Firewall sebagai berikut : a. Izinkan internet area untuk terkoneksi ke server b. Izinkan local network area untuk mengakses internet dan server c. Jangan izinkan internet connection area ke local network d. Jangan izinkan Server Farm area connection ke local network area 3. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri.

4|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

SECTION 5 – PC SERVER CONFIGURATION Part 13 – Konfigurasi DNS Server 1. Konfigurasikan DNS Server dengan dua domain, yaitu : a. itservice-xx.co.id b. lks-xx.co.id 2. Masing-masing domain termasuk : www mail, ftp, proxy service. Contoh : - www.itservice-xx.co.id - mail.itservice-xx.co.id - ftp.itservice-xx.co.id - proxy .itservice-xx.co.id Catatan : xx adalah nomor peserta 3. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 14 – Konfigurasi HTTP Server 1. Konfigurasikan HTTP Server sebagai berikut : - Mendukung HTML - Mendukung PHP - Mendukung user directory 2. Buat dua website : a. www.itservice-xx.co.id (index.html berisi tulisan : “Welcome to IT Service Website”. Index.html harus merupakan file html yang valid.) b. www.lks-xx.co.id (index.html berisi tulisan : “Welcome to LKS Website”. Index.html harus merupakan file html yang valid.) 3. Buat subdirectory baru di web dengan nama hidden_Z. Untuk mengakses direktori ini harus menggunakan password (username = lks_Z; password = XXXX). Z adalah nomor peserta. 4. Tambahkan alat untuk memonitor aktivitas jaringan (network monitoring tool). 5. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 15 – Konfigurasi Mail Server 1. Konfigurasikan mail server sebagai berikut : o Postfix o SMTP no relay o Buat user client o Buat alamat e-mail o IMAP / POP o Bisa mengirim email ke email di internet 5|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

2. Atur kuota masing-masing pengguna 20MB / pengguna. 3. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Catatan : username, password, alamat email dan alamat email internet akan diberikan pada saat lomba berlangsung. Part 16 – Konfigurasi Web Mail Server 1. Konfigurasikan Web Mail Server sebagai berikut : - Squirrelmail - Domain mail.itservice-xx.co.id (xx adalah nomor peserta) 2. Tambahkan web-based tool untuk memonitor aktivitas pengguna mail server. 3. Tulis modifikasi atau konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 17 – Konfigurasi FTP Server 1. Konfigurasikan FTP Server sebagai berikut : - Bisa diakses melalu ftp://ftp.itservice-xx.co.id (xx adalah nomor peserta). - Atur directory pertama yang bisa diakses oleh guest untuk upload dan download. - Atur directory kedua dimana guest hanya bisa mendownload file dari direktori ini. 2. Tulis modifikasi dan konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri. Part 18 – Konfigurasi Proxy Server 1. Konfigurasikan proxy server untuk hanya mengizinkan website yang ada di “daftar putih” yang bisa diakses dari laptop client menggunakan ACL (access control list). Catatan : Daftar website akan diberikan pada saat kompetisi berlangsung 2. Konfigurasikan proxy server untuk mengakses internet menggunakan username dan password (non-transparent mode). Catatan : Username dan password akan diberikan pada saat kompetisi berlangsung. 3. Konfigruasikan proxy server untuk membatasi bandwith untuk download. 4. Tambahkan web-based tool untuk memonitor aktivitas client pengguna proxy. 5. Tulis modifikasi dan konfigurasi yang anda lakukan di kertas yang diberikan oleh juri.

6|I T – Ne tw o rki ng S up po r t 2 0 13

Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf

saat kompetisi berlangsung). Page 3 of 7. Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf. Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf. Open. Extract.

376KB Sizes 7 Downloads 203 Views

Recommend Documents

Hasil lks it networking support 2014.pdf
There was a problem loading more pages. Retrying... Hasil lks it networking support 2014.pdf. Hasil lks it networking support 2014.pdf. Open. Extract. Open with.

LKS ANIMALIA.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. LKS ANIMALIA.

PREDIKSI SOAL SOAL PRETEST PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK.pdf
A. Kognitif. B. Sosial. C. Emosional. D. moral. 6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak. memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang. memimpin dan mengendalikan ja

soal tpa.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. soal tpa.pdf.

SOAL CORELDRAW.pdf
Whoops! There was a problem loading more pages. Retrying... SOAL CORELDRAW.pdf. SOAL CORELDRAW.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

SOAL-SOAL TIK KELAS 6 UAS GANJIL.PDF
Sebutkan fungsi dari menu Design? 5. Sebutkan 3 fungsi dari menu ... Mulyadi Tenjo. Creative Blogger|Guru GoBlog|Jasa Pembuatan website sekolah ... PDF. SOAL-SOAL TIK KELAS 6 UAS GANJIL.PDF. Open. Extract. Open with. Sign In.

SOAL DOKCIL.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. SOAL DOKCIL.Missing:

Soal CPNS TIU.pdf
Sedih. e. Tidak berdaya. Page 3 of 101. Soal CPNS TIU.pdf. Soal CPNS TIU.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying Soal CPNS TIU.pdf.

SOAL PEMANTULAN CAHAYA.pdf
o Sudut datang (i) sama besar dengan sudut pantul (r). Sifat-sifat bayangan pada cermin datar: o Maya. o Sama besar dengan bendanya (perbesaran = 1).

SOAL UCUN 2 TAHU 2019
Kumpulan SOAL dan Pembahasan UCUN 2 DKI JAKARTA TAHUN 2019. Untuk Pembahasan UCUN 2 DKI Jakarta dapat diakses di https://ainamulyana.blogspot.com/2018/07/soal-dan-kunci-jawaban-ucun-2_30.html

SOAL RELATIVITAS KHUSUS_LENGKAP.pdf
1. Tongkat lembing panjangnya 2,25 m tongkat itu dibawa oleh. pesawat angkasa yang bergerak dengan kecepatan 0,8 c. Berapakah penyusutan panjang tongkat tersebut bila dilihat oleh. pengamat di bumi? 2. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 0,8 c. Be