LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Memahami manfaat keanekaragaman

Menerapkan prinsip klasifikasi untuk

hayati

menggolongkan hewan kedalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Mendeskripsikan ciri umum kingdom animalia 2. Menjelaskan dasar klasifikasi kingdom animalia 3. Mengidentifikasi filum-filum hewan berdasarkan ciri strukturnya melalui pengamatan 4. Mendeskripsikan ciri Pisces melalui pengamatan 5. Mendeskripsikan ciri Amphibi melalui pengamatan 6. Mendeskripsikan ciri Reptil melalui pengamatan 7. Mendeskripsikan ciri Aves melalui pengamatan 8. Mendeskripsikan ciri Mamalia melalui pengamatan

Tujuan 1. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri umum dunia hewan 2. Siswa mampu menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan 3. Siswa mampu mengidentifikasi dengan cermat filum-filum hewan berdasarkan ciri strukturnya melalui pengamatan 4. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Pisces melalui pengamatan 5. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Amphibi melalui pengamatan 6. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Reptil melalui pengamatan 7. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Aves melalui pengamatan 8. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Mamalia melalui pengamatan

1

2017

LEMBAR KER LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

PENDAHULUAN Latar Belakang Hewan (Animalia) adalah bentuk kehidupan paling beragam di muka bumi. Sampai saat ini telah diidentifikasi sebanyak 2 juta spesies hewan. Ukuran hewan berkisar antara 0,05mm hingga 30m. Tempat hidup hewan beragam, mulai dari gurun, padang es, hingga di bawah lautan terdalam. Banyak hewan yang merugikan, namun lebih banyak lagi hewan yang bermanfaat bagi manusia. Hewan menyediakan kebutuhan protein bagi manusia. Hewan pun sangat berperan sebagai salah satu komponen penting penyusun ekosistem. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita panen pada hewan. Untuk itu mempelajari mereka sangatlah penting dalam pelestariannya maupun pengolahan sumber dayanya. Berdasarkan tulang belakang, Animalia dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu Vertebrata dan Avertebrata. Vertebrata yaitu hewan bertulang belakang. Sedangkan Avertebrata adalah hewan tidak bertulang belakang. Avertebrata dibagi menjadi delapan filum. Sedangkan Vertebrata digolonglan menjadi satu filum. Satu filum itu terdiri dari lima kelas yaitu Pisces, Amphibi, Reptil, Aves dan Mamalia. Dari masing-masing filum tersebut terdapat ciri-ciri yang membedakan antara masing-masing filum. Untuk mengetahui dan dapat mengklasifikasikannya dengan mudah digunakanlah sebuah observasi langsung dengan menggolongkan hewan yang ada di lingkungan ke dalam filum Animalia. Dengan itulah kami membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk menunjang kegiatan observasi yang dilakukan siswa agar lebih memahami mata pelajaran Animalia.

.

2

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

Identifikasi Hewan Berdasarkan Ciri Struktur Tujuan 1.

Siswa mampu mengidentifikasi dengan cermat filum-filum hewan berdasarkan ciri strukturnya melalui pengamatan

2. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Pisces melalui pengamatan 3. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Amphibi melalui pengamatan 4. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Reptil melalui pengamatan 5. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Aves melalui pengamatan 6. Siswa mampu mendeskripsikan dengan cermat ciri Mamalia melalui pengamatan

Alat dan Bahan 1.

Hewan hidup yang ada di alam

2. Pulpen atau pensil 3. LKS

Prosedur 1.

Amatilah lingkungan sekeliling anda dengan cermat.

2. Golongkan hewan-hewan yang anda temukan kedalam filum-filum hewan berdasarkan ciri-cirinya apakah termasuk kedalam filum Pisces, Amphibi, Reptil, Aves atau Mamalia. 3. Catat hasil pengamatan ke dalam tabel yang terdapat pada LKS.

3

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

SEKILAS MATERI Vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang. Tulang belakang adalah tulang yang beruas-ruas dan berderet dari leher sepanjang punggung sampai ekor. Sumsum tulang belakang yang terdapat dalam ruas-ruas tulang belakang dan otak merupakan susunan saraf pusat. Berdasarkan penutup tubuh, alat gerak dan cara berkembang biak Vertebrata dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu : Pisces (Ikan) 1. Ada yang hidup di air tawar, air payau, dan ada juga yang hidup di air laut. 2. Tubuh ikan diselimuti oleh sisik yang berlendir. 3. Ikan bergerak dengan menggunakan sirip. Sirip terdiri atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip belakang, dan sirip ekor. Selain itu, ikan juga mempunyai gurat sisi yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air. 4. Ikan bernapas dengan insang yang dilindungi oleh tutup insang yang disebut operkulum. 5. Memiliki satu ventrikel sehingga berdarah dingin dan suhu tubuhnya dapat berubah-ubah tergantung pada suhu luarnya atau disebut poikiloterm. 6. Berkembang biak dengan bertelur dan pembuahannya terjadi di dalam air, di luar tubuh induknya. Pembuahan di luar tubuh induk disebut dengan pembuahan eksternal. Amphibia (Amfibi) 1. Pembuahannya secara eksternal dan internal. 2. Bagi kelompok katak, telur yang telah dibuahi, dikeluarkan dan disimpan di dalam kantung penuh jeli. Telur ini dapat dibuahi saat jantan menaruh spermanya dekat betina. 3. Bagi kelompok salamander, pembuahan berlangsung secara internal. 4. Tubuh ditutupi kulit yang selalu basah dan tidak bersisik. Sebagian besar Amfibi mengalami metamorfosis, fase larva bernapas dengan insang dan hidup di air, setelah dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit, dan hidup di darat. 5. Jantungnya beruang tiga, terdiri dua atrium (serambi) dan satu ventrikel (bilik). 6. Bersifat Poikiloterm.

4

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

Reptilia (Hewan Melata) 1.

Cara berjalannya secara merayap atau melata.

2. Hewan ini tergolong berdarah dingin (poikiloterm) karena suhu tubuhnya tergantung pada suhu lingkungannya. 3. Reptilia adalah hewan darat yang dapat hidup di air. 4. Hewan ini bernapas dengan paru-paru. 5. Kulitnya sangat keras, kering, dan bersisik yang disebabkan adanya zat kapur (zat kitin) seperti pada kura-kura. 6. Hewan ini bergerak dengan menggunakan perut (melata), seperti ular dan ada juga yang menggunakan keempat kakinya, seperti buaya, komodo, biawak, kadal, dan penyu. 7. Jantung beruang empat, terdiri dua atrium (serambi) dan dua ventrikel (bilik). 8. Fertilisasi pada Reptilia terjadi secara internal dan pembiakan bersifat ovipar atau ovovivipar. Reptilia dibagi menjadi empat ordo, yaitu: a. Ordo Ophidia (bangsa ular), contohnya ular pohon, ular piton (Phyton reticulates), dan ular sawah. b. Ordo Crocodilia (bangsa buaya), contohnya buaya (Crocodylus sp) dan alligator (Alligator sp). c. Ordo Lacertilia (bangsa kadal), contohnya kadal (Mabouya sp), komodo (Varanus komodoensis), bunglon (Chameleo

chameleon), biawak, dan tokek (Hemidactylus turcicus). d. Ordo Chelonia ( bangsa kura-kura), kura-kura air tawar (Chelydra serpentina) dan penyu (Chelonia myotas). Aves ( Burung )

1.

Adanya bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Ada tiga jenis bulu yang dimiliki oleh burung, antara lain; plumae, yaitu bulu yang langsung menempel pada batang bulu;plumulae, yaitu cabang dari plumae; dan filoplumae, yaitu helaian bulu yang paling halus yang merupakan cabang dari plumulae. Bulu dan paruh burung terbuat dari keratin.

2. Burung tidak memiliki gigi untuk mengunyah makanannya, tetapi memiliki tembolok. 3. Lengan depannya mengalami modifikasi sebagai sayap yang umumnya digunakan untuk terbang. 4. Burung adalah hewan yang suhu tubuhnya tetap (homoioterm) yang artinya temperatur tubuhnya stabil di berbagai tempat yang temperaturnya berbeda atau temperatur lingkungan tidak memengaruhi temperatur tubuh. 5. jantungnya yang terdiri 4 ruang, dua atrium dan dua ventrikel, dengan sekat sempurna. 6. Burung bernapas dengan paru-paru, Selain itu, pernapasan burung dibantu oleh pundi-pundi udara (Saccus pneumaticus) ketika terbang.

5

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

7. Burung berkembang biak dengan bertelur. 8. Saluran pencernaannya sempurna, memiliki lambung kelenjar dan lambung berotot. 9. Ginjalnya bertipe metanefros, tanpa kandung kemih. 10. Pembuahan terjadi di dalam induk betinanya (internal). Setelah pembuahan terjadi, burung akan bertelur dan akan mengerami hingga menetas. Mammalia ( Hewan Menyusui )

1.

Mempunyai kelenjar susu (glandula mammae) yang berguna untuk menyusui anaknya yang baru lahir. Tubuh mammalia umumnya ditutupi rambut.

2. Kulitnya dilengkapi dengan berbagai kelenjar, dan rahang umumnya dilengkapi dengan gigi. 3. Gigi mammalia bermacam-macam bentuknya mulai dari geraham, gigi taring, dan gigi seri. 4. Jantungnya terdiri empat ruang (dua serambi, dua bilik) dengan sekat yang sempurna. 5. Sebagian besar hidup di darat meskipun ada juga yang hidup di laut, seperti ikan paus dan lumba-lumba. 6. Mammalia memiliki volume otak yang lebih besar dibandingkan dengan hewan Vertebrata lainnya. 7. Suhu badan Mammalia tetap atau tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan luarnya (homoioterm). 8. Alat pernapasan Mammalia adalah paru-paru. 9. Mammalia memiliki ginjal bertipe metanefros, memiliki dua ureter yang mengalirkan urin ke kandung kemih (vesica urinaria). 10. Mammalia umumnya berkembangbiak dengan beranak atau melahirkan (vivipar). Tetapi ada juga yang berteliur (ovipar).

6

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

KUNCI IDENTIFIKASI Kunci Identifikasi A (untuk Kelas dalam Subfilum Vertebrata) 1a. 1b 2a. 2b. 3a. 3b. 4a. 4b. 5a. 5b. 6a. 6b.

Ada rambut................................................. .......... Tidak ada rambut.................................................. Ada bulu................................................................... Tidak ada bulu............................................ ........... Ada rahang................................................. ........... Tidak ada rahang....................................... ........... Ada sepasang sirip................................................ Tidak ada sepasang sirip..................................... Kerangka dari tulang keras................................. Kerangka dari tulang rawan................................ Kulit bersisik.............................................. ............ Kulit tidak bersisik..................................................

Kelas Mamalia Ke no. 2 Kelas Aves Ke no. 3 Ke no. 4 Kelas Agnatha Ke no. 5 Ke no. 6 Kelas Osteichtyes Kelas Chondichtyes Kelas Reptilia Kelas Amphibia

7

2017

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

TABEL PENGAMATAN Petunjuk pengerjaan : 1. 2. 3. 4.

No.

Lihatlah format tabel terlebih dahulu. Amati hewan yang terdapat lingkungan sekitar anda. Hasil yang telah diamati dimasukkan ke dalam tabel sesuai dengan apa yang dilihat. Nama latin ditulis dengan menggaris bawahi secara terpisah per kata dan huruf kata pertama diawali dengan huruf kapital, sedangkan huruf pada kata kedua digunakan huruf kecil. Selamat mengerjakan! Hewan yang ditemukan Habitat

Ciri-ciri Hewan Struktur tubuh Cara berjalan dan penutup tubuh

8

Nama latin Sistem pernapasan

Filum

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

SOAL LATIHAN Pertanyaan 1.

Hewan apa saja yang termasuk kelompok vertebrata ? -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Adakah salah satu ciri khusus yang memungkinkan anda menggolongkan hewan ke dalam kelompok hewan vertebata? Jika demikian, sebutkanlah ciri khusus dan filumnya. ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------3. Apakah yang terjadi jika kulit katak (Anura sp.) mengering? Berikan alasannya! ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------4. Adakah satu ciri khusus yang memungkinkan anda menggolongkan hewan ke dalam kelas Mamalia? Jika demikian, sebutkanlah hewan dan ciri khususnya. ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------5. Apakah perbedaan hewan berdarah panas dengan hewan berdarah dingin? -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

REFLEKSI YUK! Apa yang kamu pelajari?

Apa yang kamu rasakan?

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

10

2017

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

CATATAN MANDIRI

DAFTAR PUSTAKA Ariyanto, Evi. 2011. Modul Biologi Animalia. William Press : Jakarta

11

2017

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

KUNCI JAWABAN 1.

Yang termasuk kedalam hewan vertebrata yaitu : a. Ayam (Aves) : Galus galus b. Kucing (Mamalia) : Felis domestica c. Katak (Amphibi) : Anura sp. d. Kadal (Reptil) : Lacertilia sp. e. Ikan Sepat (Pisces) : Trichopodus trichopterus

2. Ada yaitu bertulang belakang, terdapat pada filum Condrichtyes, Osteichtyes (Pisces), Amphibi, Reptilia, Aves, Mamalia. 3. Apabila kulit katak mengering atau mengalami kekeringan, maka katak akan segera mati, tetapi setelah berada di dalam air kemudian kulitnya menjadi basah katak akan menjadi segar dan sehat kembali. 4. Ada, Mempunyai kelenjar susu (glandula mammae) yang berguna untuk menyusui anaknya yang baru lahir. Tubuh mammalia umumnya ditutupi rambut. Kulitnya dilengkapi dengan berbagai kelenjar, dan rahang umumnya dilengkapi dengan gigi. Contohnya kucing (Felis domestica) 5. Hewan berdarah panas (endotermik) memiliki suhu tubuh internal yang relatif tetap oleh mekanisme homeostasis sedangkan hewan berdarah dingin (ektotermik) berarti suhu tubuhnya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan atau berubah-ubah. Hewn berdarah dingin inu merupakan jenis mayoritas yang mencakup semua invertebrata, reptil, serta amfibi. sedangkan yang berdarah panas hanya kelompok mamalia dan burung.

12

LEMBAR KERJA SISWA KINGDOM ANIMALIA

2017

KARAKTERISTIK LKS  Materi singkat di dalam LKS dijelaskan secara detail.  Terdapat proyek penelitian mandiri agar siswa dapat mengembangkan keterampilan ilmiah.  Terdapat soal untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa terhadap materi.  LKS dilengkapi dengan kegiatan refleksi agar mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa.

LKS ini disusun oleh Tim Pendidikan Biologi 4A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Terdiri dari, Cinddy Febbyanti Putri, Dinda Ayu Pratiwi, Devy Rahmawati, Nurmala Sari, Rima Fauziyatun Nisa, dan Siti Fatimah yang sedang melaksanakan pendidikan S1 nya di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jurusan Pendidikan Biologi. Penyusung berharap LKS ini dapat menunjang pembelajaran tentang Animalia untuk siswa SMA dan sederajatnya.

13

LKS ANIMALIA.pdf

There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. LKS ANIMALIA.

1MB Sizes 67 Downloads 371 Views

Recommend Documents

Hasil lks it networking support 2014.pdf
There was a problem loading more pages. Retrying... Hasil lks it networking support 2014.pdf. Hasil lks it networking support 2014.pdf. Open. Extract. Open with.

LKS-Statistika-Kelas-7-Kurikulum-2013.pdf
100. tan. x. jumlah per yaan. jumlah jawaban benar Nilai. Page 3 of 5. LKS-Statistika-Kelas-7-Kurikulum-2013.pdf. LKS-Statistika-Kelas-7-Kurikulum-2013.pdf.

Kisi-kisi LKS Kota web desain 2014.pdf
... seperti Windows Media Player, Shockwave Player , Flash Player. d. Text editor Notepad ++. e. Browser : Internet Explorer, Firefox. f. Firefox dengan Add-ons :.

Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf
saat kompetisi berlangsung). Page 3 of 7. Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf. Soal LKS IT - Networking Support Banten 2013.pdf. Open. Extract.