Tujuan P embelajaran. Pembelajaran. Setelah mempelajari materi di bawah ini kamu diharapkan dapat : 1. Memberikan contoh bentuk-bentuk kerjasama lingkungan tetangga. 2. Menceritakan manfaat kerja sama di lingkungan tetangga.

Manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia selalu berhubungan dengan manusia lain. Manusia membutuhkan bantuan manusia lain. Di sekolah kamu berhubungan dengan temanmu. Di rumah berhubungan dengan anggota keluarga. Di lingkungan masyarakat berhubungan dengan tetangga.

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

73

A. Bentuk-bentuk Kerja Lingkungan Tetangga

sama

di

1. Bentuk-bentuk Kerja Sama Di rumah kita memiliki tetangga. Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumah. Kita harus berhubungan baik dengan tetangga. Dengan tetangga kita harus tolong menolong. Kita harus bekerja sama dengan tetangga. Wisnu, Edo dan Hanifa hidup bertetangga. Mereka tinggal di RT. 02 RW. 10 Kelurahan Jati Makmur. Warganya berasal dari berbagai suku bangsa. Ada yang dari Jawa, Betawi, Batak, dan lain-lain. Mereka hidup rukun dan saling tolong-menolong. Jumlah rumah di RT. 02 RW. 10 ada enam puluh. Tiap rumah rata-rata dihuni oleh lima orang. Ketua RT 02 dijabat oleh Pak Danu. Setiap bulan diadakan pertemuan bapak-bapak. Pertemuan diadakan di Balai RT.

Gambar 6.1 Pertemuan di balai RT

74

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

Pekerjaan warga RT 02 RW 10 bermacam-macam. Ada yang bekerja sebagai pegawai negeri. Ada juga yang menjadi ABRI, guru dan lain-lain. Semuanya hidup rukun dan tolong-menolong. Anak-anak dan remaja di RT. 02 juga hidup rukun. Mereka sering melakukan kegiatan bersama Mereka mengadakan karang taruna dan TPA. TPA adalah Taman Pendidikan Al-Quran. Karang taruna adalah organisasi pemuda. Malam Minggu yang lalu semua warga berkumpul. Mereka berkumpul di Balai RT. Mereka membicarakan rencana kerja bakti. Kerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Kerja bakti diadakan hari Minggu pukul 07.00. Semua warga berkumpul di lapangan. Bapak-bapak bertugas membersihkan selokan. Para pemuda memperbiki jalan yang rusak. Ibu-ibu dan remaja putri menyediakan makanan.

Gambar 6.2 Kerja bakti di lingkungan RT

Kerja bakti selesai pukul tiga sore. Lingkungan menjadi bersih dan rapi. Sebelum pulang, semua warga berkumpul kembali. Pak RT menghimbau supaya selalu menjaga kebersihan. Karena kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

75

Di RT 02 juga diadakan ronda malam. Tujuannya untuk menjaga keamanan. Ronda diadakan secara bergilir. Semua warga mendapatkan tugas ronda. Setiap malam ada lima orang yang ronda.

Gambar 6.3 Ronda untuk menjaga keamanan lingkungan

Ayo Berlatih Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu. 1. Berapakah jumlah rumah yang ada di RT. 02 RW. 10 Kelurahan Jati Makmur? 2. Siapakah nama ketua RT. 02? 3. Kapan diadakan kerja bakti? 4. Sebutkan macam-macam pekerjaan warga Kelurahan Jati Makmur RT 02 RW 10! 5. Apa yang dilakukan warga RT 02 untuk menjaga keamanan lingkungan?

76

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

B.

Manfaat Kerja Sama di Lingkungan

1. Pengalaman Bekerja Sama di Lingkungan Peringatan HUT RI tinggal beberapa hari lagi. Warga komplek DDN bersiap menyambutnya. Para remaja mengadakan pertemuan di balai RW. Pertemuan dipimpin oleh ketua pemuda. Mereka akan mengadakan bermacam-macam lomba. Lomba balap karung, makan krupuk dan kelereng. Selain lomba juga akan diadakan malam kesenian. Perlombaan akan diadakan tanggal 10 Agustus. Malam kesenian akan digelar tanggal 18 Agustus.

Gambar 6.4 Kerja bakti membuat gapura

Rahmat membagi tugas kepada para pemuda. Ada yang bertugas memimpin lomba. Ada yang bertugas membuat gapura. Ada yang mempersiapkan acara malam kesenian. Semua warga bekerja sama.

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

77

Anak-anak juga ikut memeriahkan acara tersebut. Mereka mengikuti berbagai macam lomba. Acara berlangsung dengan lancar dan meriah.

Gambar 6.5 Lomba memperingati hari kemerdekaan

Ayo Berlatih Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu. 1. Siapa nama ketua pemuda RT. 02? 2. Dimanakah diadakan pertemuan pemuda? 3. Pada tanggal berapakah akan diadakan lomba dalam rangka memperingati perayaan 17 Agustus? 4. Sebutkan macam-macam lomba yang diadakan untuk memperingati perayaan 17 Agustus? 5. Apa yang dibicarakan pada saat pertemuan pemuda?

78

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

2. Kerja Sama Sebagai Ciri Khas Bangsa Indonesia Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan dapat tercapai berkat persatuan. Semua rakyat Indonesia bersatu melawan penjajah. Kerja sama di Indonesia sudah ada sejak dahulu. Kerja sama merupakan ciri khas bangsa Indonesia Sikap inilah yang harus kita teladani. Kita harus saling tolong menolong dalam kebaikan. Contohnya warga Jati Makmur yang selalu hidup rukun. Meskipun berbeda suku bangsa dan agama. Mereka bekerja sama dan tolong-menolong.

Gambar 6.6 Gotong royong di lingkungan tetangga

Selain keluarga kita juga memiliki tetangga. Kita harus bersikap baik dengan tetangga. Kita dapat meminta bantuan kepada tetangga. Dengan tetangga kita harus tolong menolong. Dalam bermasyarakat kita harus bekerja sama. Supaya persatuan dan kesatuan dapat terwujud, supaya bangsa Indonesia menjadi bangsa besar. Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

79

3. Manfaat Kerja Sama di Lingkungan Tetangga Kerja sama dan gotong-royong sangat bermanfaat, Pekerjaan menjadi lebih ringan. Pekerjaan juga cepat selesai. Kerja sama dapat mempererat tali persaudaraan. Kerja sama dapat dilakukan dengan tetangga. Jika tetangga sedang membangun rumah. Kita dapat membantu tetangga. Kita dapat membantu berupa uang atau tenaga.

Ayo Berlatih Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu 1. Setiap tanggal berapakah perayaan kemerdekaan Indonesia diadakan? 2. Sebutkan macam-macam kegiatan yang diadakan setiap perayaan 17 Agustus 1945! 3. Sebutkan contoh kerja sama di lingkungan masyarakat! 4. Sebutkan manfaat dari kerja sama atau gotong royong! 5. Sebutkan contoh kerja sama di lingkungan sekolah!

Rangkuman 1. Kita selalu memerlukan orang lain dan tidak dapat berdiri sendiri. 2. Kerja sama bisa dilakukan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat. 3. Di Indonesia terdapat kerja sama yang sangat baik, yaitu gotong royong. 4. Gotong royong berarti kerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan yang berat.

80

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

Tugas Portofolioku Coba buatlah kelompok yang beranggota empat anak, kemudian buatlah karangan berdasarkan gambar berikut. Kerjakan di buku tugasmu. 1.

2.

Tanggal :

Nilai :

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

Paraf Guru :

81

Ayo Berlatih I.

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang benar, salinlah jawabannya di buku tugasmu.

1.

Kerja sama dilakukan bertujuan untuk .... a. mempererat persaudaraan b. menimbulkan permusuhan c. menimbulkan pertikaian

2.

Apabila ada tetangga yang sakit, sebaiknya .... a. dibiarkan b. dijenguk c. dimarahi

3.

Di bawah ini kerja sama untuk kepentingan keamanan adalah .... a. membersihkan selokan b. membuat tempat sampah c. membuat pos ronda

4.

Kerja sama dilakukan untuk kepentingan .... a. perorangan b. bersama c. individu

5.

Apabila ada masalah harus segera .... a. diselesaikan b. ditunda c. dibiarkan

82

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

6.

Teman yang sedih sebaiknya .... a. dibiarkan b. diabaikan c. dihibur

7.

Membersihkan selokan bertujuan .... a. menjaga kebersihan b. sebagai sarang nyamuk c. tempat kotor

8.

Jika tetangga mempunyai hajat kita harus .... a. tidak mau tahu b. membantu c. membiarkan

9.

Sesama tetangga kita harus saling .... a. bertengkar b. egois c. hidup rukun

10. Sebagai siswa kita harus ... belajar. a. bermalas-malas b. rajin c. main sendiri II.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar, kerjakan di buku tugasmu.

1. 2.

Kerja sama dapat menyelesaikan ... dengan cepat. Kepentingan bersama lebih ... dari pada kepentingan pribadi. Apabila ada tetangga mengalami musibah harus kita .... Gotong royong merupakan ... bangsa Indonesia. Kerja sama dapat menumbuhkan ....

3. 4. 5.

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

83

6. 7. 8. 9. 10.

Membersihkan selokan termasuk .... Menolong orang lain merupakan perbuatan .... Musyawarah dapat memecahkan .... Contoh kerja sama di kelas .... Gotong royong sesuai sila ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar, kerjakan di buku tugasmu. 1. 2. 3. 4. 5.

84

Sebutkan dua contoh kerja sama di keluarga! Sebutkan dimana saja kita dapat melakukan kerja sama! Pernahkah kamu melakukan kerja sama? Sebutkan kerja sama apa! Sebutkan dua contoh kerja sama yang tidak boleh di lakukan! Sebutkan dua contoh kerja sama di lingkungan sekolah!

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

Ayo Berlatih Semester 2 I.

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang benar, salinlah jawabannya di buku tugasmu.

1.

Kedudukan ayah dan ibu adalah sebagai .... a. kakek b. orang tua c. nenek

2.

Tanggung jawab seorang ibu adalah .... a. memarahi anak b. membiarkan anak c. mengurusi anak

3.

Agar mendapatkan peringkat dalam kelas kita harus belajar dengan .... a. semaunya sendiri b. bermalas-malasan c. rajin dan tekun

4.

Kartu tanda penduduk merupakan ... dalam keluarga. a. koleksi benda b. dokumen c. barang

5.

Menyakiti orang lain merupakan perbuatan .... a. buruk b. baik c. bagus

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

85

6.

Kita bisa lahir karena ada peristiwa .... a. kelahiran b. pernikahan c. kejadian

7.

Seorang ibu harus ... dalam mendidik anak. a. lemah b. tegas c. semaunya sendiri

8.

Apabila ada teman yang bertanya sebaiknya .... a. mengabaikan b. tidak mendengarkan c. menjawab sebisanya

9.

Dalam mendidik anak seharusnya .... a. pilih kasih b. tidak membedakan c. membedakan

10. Membuat pos ronda merupakan kepentingan .... a. kebersihan b. umum c. keamanan II.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar, kerjakan di buku tugasmu.

1. 2. 3. 4. 5.

Ulang tahun merupakan .... yang menyenangkan Berbohong merupakan perbuatan .... Menyiapkan sarapan pagi adalah peran .... Ibu sibuk memasak, kita sebagai anak seharusnya .... Ruang keluarga kotor sebaiknya ....

86

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

6. 7. 8. 9. 10.

Kartu keluarga berfungsi sebagai .... Akta keluarga dapat digunakan untuk .... Kamar mandi yang kotor menjadi .... Menasehati anak adalah peran .... Seorang ayah berperan sebagai ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar, kerjakan di buku tugasmu. 1. 2. 3. 4. 5.

Sebutkan empat peristiwa penting yang ada di rumahmu! Sebutkan apa yang dimaksud dengan silsilah! Apa tujuan dari kerja sama? Sebutkan tujuan orang tua bekerja! Sebutkan perbedaan peran ayah dan ibu!

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

87

Glosarium Akta Kelahiran

: Surat tanda bukti yang menyatakan keterangan atau pengakuan. Album Foto : Buku tempat menyimpan kumpulan foto. Bingkai : Papan yang dipasang di sekeliling suatu benda. Catur Warga : Satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak (4 anggota keluarga) Cenderamata : Pemberian sebagai kenangkenangan. Data : Keterangan yang benar dan nyata Dokumen : Sesuatu yang tertulis yang dapat dipakai sebagai barang bukti keterangan. Emansipasi : Persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan seperti persamaan hak wanita dengan pria. Ijazah : Surat Tanda Tamat Belajar. Juara : Orang yang mendapat kemenangan. Juara : Terpandai dalam sesuatu. Kartu Keluarga : Kartu yang memuat nama semua anggota keluarga. Kartu Tanda Penduduk : Kartu identitas warga negara. Karyawan : Orang yang bekerja pada suatu perusahaan. Kenangan : Sesuatu yang membekas dalam ingatan. Koleksi : Kumpulan benda-benda bersejarah, benda seni dan sebagainya.

88

Ilmu Pengetahuan Sosial II Sekolah Dasar

Laminating Medali Persaudaraan Rapor

Rukun Tetangga Rukun Warga Silsilah Tetangga

: Melapisi secara tipis dengan plastik. : Tanda penghargaan dibuat dari logam. : Persahabatan sekarib saudara . : Buku yang berisi catatan nilai hasil ulangan siswa yang di sampaikan kepada wali murid. : Perkumpulan antara orang yang bertetangga. : Perkumpulan antara kampung yang berdekatan. : Asal-usul suatu keluarga. : Orang yang rumahnya berdekatan.

Kerja Sama di Lingkungan Tetangga

89

IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf

There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

366KB Sizes 0 Downloads 217 Views

Recommend Documents

IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

kelas 2 IPS 1.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. kelas 2 IPS 1.pdf.

PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf. PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

Kelas VII IPS BG.pdf
Page 3 of 216. Kelas VII IPS BG.pdf. Kelas VII IPS BG.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying Kelas VII IPS BG.pdf.

Kelas VII IPS BS.pdf
Page 3 of 328. Kelas VII IPS BS.pdf. Kelas VII IPS BS.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying Kelas VII IPS BS.pdf. Page 1 of 328.

IPS Kelas 4.pdf
Masalah sosial yang sering melibatkan anak-anak remaja antara lain .... A. bakti sosial pramuka. B. pelanggaran lalu lintas. C. perkelahian pelajar. D. kegiatan karang taruna. 19. Contoh teknologi komunikasi yang termasuk dalam kelompok media massa a

Kelas VII IPS BG.pdf
ISBN 978-602-282-329-2 (jilid lengkap). ISBN 978-602-282-330-8 (jilid 1). Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi). Disusun dengan huruf Times New Roman, 12 pt.

02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf
Page 3 of 18. 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf. 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf.

13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf
There was a problem loading this page. Retrying... Whoops! There was a problem loading this page. 13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf. 13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf. Open.

17. IPS KLS 8 BAB 16.pdf
Whoops! There was a problem loading more pages. Retrying... Whoops! There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. 17. IPS KLS 8 BAB 16.pdf. 17. IPS KLS 8

MODUL PLPG IPS BAB-I-KEADAAN-SOSIAL-BUDAYA-PADA ...
berasal dari Yunnan (Cina Selatan). Jadi ... Yunnan kembali ke wilayah asalnya. Gambar 1.1. Perahu ... MASA-PRAAKSARA-HINDU-BUDDHA-DAN-ISLAM.pdf.