Tujuan P embelajaran. Pembelajaran. Setelah mempelajari materi di bawah ini kamu diharapkan dapat : 1. Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga pada masa lalu. 2. Menceritakan urutan peristiwa penting dalam keluarga. 3. Menceritakan hubungan antar peristiwa secara urut

Setiap orang pernah mengalami peristiwa penting. Peristiwa ada yang menyenangkan. Peristiwa menyenangkan adalah merayakan ulang tahun. Peristiwa ada juga yang menyedihkan seperti sakit. Peristiwa penting apakah yang pernah kamu alami?

Peristiwa Penting dalam Keluarga

27

A.

Peristiwa Penting Masa Lalu

1. Peristiwa Penting Masa Lalu dalam Keluarga Azis tersenyum ketika melihat album fotonya. Ada foto ibu sedang menggendong bayi. Bayi itu adalah Nisa adiknya. Waktu itu Nisa berumur tiga bulan. Ibunya berpesan agar selalu menyayangi adiknya. Azis membuka lembar album berikutnya. Gambar 3.1 Ibu menggendong

Azis melihat foto itu sambil tersenyum. Di foto itu tampak Azis memangku Nisa. Saat dipangku tiba-tiba Nisa ngompol. Baju Azis pun menjadi basah.

Gambar 3.2 Azis memangku adik

Ada juga foto ulang tahun Azis. Azis berulang tahun yang ke-7. Tepatnya tanggal 5 Januari tahun lalu. Azis merayakan ulang tahunnya di rumah. Semua teman-teman Azis diundang.

28

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Acara ulang tahun berlangsung sangat meriah. Rumah Azis dihias dengan balon dan pita. Teman-teman yang datang membawa kado. Azis tampak senang dan bahagia.

Gambar 3.3 Uang tahun Azis

Lomba Menyanyi Azis juga memiliki foto waktu lomba. Azis mengikuti lomba menyanyi di sekolah. Lomba diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan. Saat itu Azis menyanyikan lagu Hari Merdeka. Setiap pulang sekolah Azis rajin berlatih. Azis berlatih dan menghafalkan syairnya. Ibu membantu Azis berlatih menyanyi. Ia ingin menjadi pemenang lomba tersebut. Saat lomba Azis tidak merasa takut. Ia tampil dengan penuh percaya diri. Pada awalnya semua berjalan lancar. Tapi tiba-tiba ia lupa syair selanjutnya.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

29

Azis langsung turun dari panggung. Ia menangis dipangkuan ibunya. Ibunya berusaha menghibur dan menenangkan Azis. Azis tidak berhasil menjuarai lomba itu.

Gambar 3.4 Lomba menyanyi

Saat Azis Sakit Tiga bulan yang lalu Azis sakit. Azis menderita sakit cacar. Badannya panas dan kulitnya terasa gatal. Azis tidak dapat masuk sekolah.

Gambar 3.5 Azis sakit cacar

30

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Ibu membawa Azis ke rumah sakit. Dokter lalu memeriksa Azis. Dokter juga memberikan obat. Azis harus meminumnya supaya sembuh. Teman-teman sekolahnya datang menjenguk. Mereka membawa kue dan buah-buahan. Mereka juga berdoa untuk kesembuhan Azis. Azis senang dengan kedatangan mereka. Peristiwa tersebut kini dijadikan kenangan.

Tugas Mandiriku Pernahkah kamu mengalami peristiwa yang berkesan? Cobalah kamu ingat-ingat kembali. Setelah itu tulislah di buku tugasmu. 2. Urutan Peristiwa Penting dalam Keluarga Pernahkah kamu mengalami peristiwa penting? Semua orang pasti pernah mengalaminya. Peristiwa disusun berdasarkan urutan waktu. Kamu dapat mengurutkan peristiwa penting. Peristiwa sejak dilahirkan sampai sekarang. Kamu bisa mendapatkan cerita masa lalu. Kamu bisa mendapatkan cerita dari orang tuamu. Kamu bisa melihat dari foto keluarga. Dari dokumen kamu bisa mengetahui banyak hal. Peristiwa ayah dan ibumu menikah. Peristiwa ibu mempunyai anak. Peristiwa pertama kali masuk sekolah. Peristiwa saat bertamasyapun bisa kamu ketahui. Peristiwa Penting dalam Keluarga

31

Sekarang coba kamu perhatikan urutan peristiwa berikut

Gambar 3.6 Peristiwa pernikahan

Ayah dan ibu Dito menikah tahun 1996. Tepatnya pada tanggal 18 Oktober. Saat itu ayah Dito berusia 28 tahun. Sedangkan ibu Dito berusia 26 tahun. Dua tahun kemudian Dito lahir. Ayah dan ibu sangat berbahagia. Kebahagiaan juga dirasakan kakek dan nenek. Karena Dito merupakan cucu pertama.

Gambar 3.7 Peristiwa kelahiran

Diusia 4 tahun Dito bersekolah di TK. Dito senang sekali bisa bersekolah’ karena Dito sudah lama menginginkannya.

32

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Pagi-pagi sekali Dito sudah bangun. Dito buru-buru mandi dan sarapan. Dito tidak sabar ingin bertemu teman barunya.

Gambar 3.8 Mendaftar sekolah

Dua tahun kemudian Dito masuk SD. Dito anak yang rajin dan pandai. Setiap hari tidak lupa belajar. Nilai-nilai ulangannya selalu bagus. Saat kenaikan kelas Dito menjadi juara. Ayah memberinya hadiah sepeda baru. Dito senang sekali menerimanya. Ia berjanji akan lebih giat belajar

Gambar 3.9 Mendapat sepeda baru

Peristiwa Penting dalam Keluarga

33

Tugas Mandiriku Coba tuliskan peristiwa penting yang pernah kamu alami berdasarkan urutan waktu. Kerjakan di buku tugasmu. 3. Menceritakan Hubungan Antarperistiwa Secara Urut Reza adalah kakak Indra. Reza duduk di kelas enam SD. Ia mempunyai buku harian. Semua kejadian yang dialaminya dicatat.

Gambar 3.10 Belajar

Banyak kejadian yang ditulis di buku itu. Seperti pada tanggal 5 Januari tahun lalu. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-11. Acara ulang tahun sangat meriah. Banyak teman-teman Reza yang datang. Mereka membawa kado untuk Reza.

34

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Gambar 3.11 Ulang tahun Reza

Pada bulan April ada peringatan Kartini. Reza mengikuti lomba peragaan busana. Ia mengenakan pakaian adat Jawa. Ia berhasil menjadi juara satu. Reza mendapatkan hadiah piala.

Gambar 3.12 Lomba peragaan busana

Mulai tanggal 5 April Reza mengikuti les. Karena bulan Mei sudah Praebta. Sepulang sekolah Reza pergi les. Ia tidak mau gagal dalam ujian. Waktu luangnya digunakan untuk belajar.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

35

Gambar 3.13 Mengikuti les

Tibalah saatnya bulan Juli. Saatnya pengumuman kelulusan SD. Reza tidak merasa cemas. Reza yakin akan lulus. Ia merasa bisa mengerjakan semua soal ujian. Ternyata perkiraan Reza benar. Bahkan dia lulus dengan nilai terbaik. Semua teman menyalami dan memberi selamat. Setelah lulus Reza pergi berlibur. Ia berlibur ke rumah neneknya di Yogyakarta. Di sana ia berkunjung ke tempat-tempat wisata. Ia pergi ke Pantai Parang Tritis, Malioboro, dan Candi Prambanan. Ia juga berbelanja di pasar Bering Harjo membeli batik.

Gambar 3.14 Bertamasya

36

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Sebelum pulang ke Jakarta dia membeli oleh-oleh. Ia membeli Bakpia Pathuk dan Gudeg. Oleh-oleh itu untuk teman dan tetangganya. Ia pulang ke Jakarta naik kereta api. Setiba di Jakarta Reza bersiap-siap mendaftar SMP. Semua syarat-syaratnya sudah dipersiapkan. Syaratnya antara lain Ijazah SD, Nem dan Akta kelahiran. Bulan Juli penerimaan siswa baru diumumkan. Reza diterima di SMP favorit.

Gambar 3.15 Masuk SMP

Kak Reza sangat gembira. Keinginannya bersekolah di SMP teladan terkabul. Pertengahan Juli Reza mulai masuk SMP. Reza duduk di kelas satu A. Reza mendapatkan teman-teman baru.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

37

Bulan Agustus diadakan lomba cerdas cermat. Reza dan dua temannya mengikutinya. Mereka berhasil menjadi juara I. Mereka mendapat piala dan piagam.

Gambar 3.16 Cerdas cermat

Tanggal 31 Desember ada perayaan tahun baru. Reza dan keluarganya merayakannya. Mereka mengadakan pesta di rumah. Mereka memasak kue dan sate kambing. Tepat pukul 24.00 kembang api dinyalakan. Sebagai tanda memasuki tahun baru. Itulah isi buku harian kak Reza. Semua kejadian selama setahun dicatatnya. Catatan itu kelak akan menjadi kenangan indah.

Gambar 3.17 Perayaan tahun baru

38

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Tugas Mandiriku Coba tulislah cerita tentang peristiwa yang pernah kamu alami yang mempunyai hubungan dengan peristiwa yang lain, jangan lupa tulis waktu terjadinya peristiwa tersebut. Kerjakan di buku tugasmu. B.

Memperbaiki Diri Berdasarkan Pengalaman Masa Lalu

1. Pengaruh Peristiwa Masa Lalu terhadap Masa Sekarang Ulang Tahun Azis Tahun lalu Azis merayakan ulang tahun ke-6. Saat ini Azis berusia 7 tahun. Berarti umur Azis selalu bertambah. Orang tua Azis selalu berdoa untuk Azis. Berdoa untuk kesehatan Azis serta menjadi anak sholeh.

Gambar 3.18 Peristiwa ulang tahun Azis

Peristiwa Penting dalam Keluarga

39

Menyayangi Adik Azis mempunyai adik bernama Nisa. Nisa berumur 2 tahun. Azis sangat menyayangi adiknya. Ia tidak pernah memarahi adiknya. Mereka tidak pernah bertengkar dan saling menyayangi.

Gambar 3.19 Bermain bersama

Azis Sakit Cacar Azis pernah terkena penyakit cacar. Seluruh badannya gatal dan bentolbentol. Peristiwa itu sudah terjadi tahun lalu. Namun sampai sekarang masih Gambar 3.20 Peristiwa menyedihkan saat sakit cacar ada bekasnya. Di badan Azis ada bekas sakit cacar.

40

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Azis ikut Lomba Menyanyi Sebelum mengikuti lomba Azis berlatih. Tetapi saat lomba masih lupa syairnya. Azis merasa malu dan menangis. Sekarang Azis selalu berlatih supaya tidak lupa. Peristiwa itu dijadikan pengalaman untuk memperbaiki diri.

Gambar 3.21 Lomba menyanyi

2. Peristiwa yang Perlu Dipertahankan dan Diperbaiki Berdasarkan Pengalaman Masa Lalu a. Perilaku yang perlu dipertahankan Mematuhi Perintah Orang Tua Anita adalah anak yang baik dan penurut. Ia sangat patuh kepada orang tuanya. Anita selalu menuruti perintah orang tuanya. Ia tidak pernah melawan orang tuanya. Sikap Anita merupakan sikap yang terpuji. Sikap Anita harus dipertahankan.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

41

Gambar 3.22 Berpamitan

b. Perilaku yang perlu diperbaiki Mendapat Hukuman Guru Dito menonton filim di televisi. Dito menonton hingga larut malam. Ia lupa untuk mengerjakan pr IPS. Keesokan harinya Dito bangun kesiangan. Dito berangkat terburu-buru. Ia lupa memakai topi dan dasi.

Gambar 3.23 Menonton televisi

42

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Dito terlambat tiba di sekolah. Upacara bendera sudah dimulai. Dito mendapat hukuman dari gurunya. Dito dihukum berdiri di tengah lapangan.

Gambar 3.22 Mendapat hukuman

Dito sangat malu dan menyesal. Semua teman-temannya mentertawakan. Dito berjanji tidak akan mengulanginya. Dito tidak akan menonton televisi sampai malam. Ia akan mempersiapkan semua perlengkapan sekolah. Ia akan mengerjakan PR sepulang sekolah. Dito sadar perbuatannya itu salah. Dito harus memperbaiki perbuatannya.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

43

Tugas Mandiriku Coba kamu sebutkan lima contoh perilaku yang perlu diperbaiki dan lima contoh perilaku yang perlu dipertahankan, kerjakan di buku tugasmu.

Rangkuman 1. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman masa lalu. 2. Pengalaman masa lalu ada yang baik dan ada yang tidak baik. 3. Peristiwa itu mempunyai urutan proses kejadian. 4. Kesalahan yang terjadi pada masa lalu dapat di jadikan pengalaman untuk memperbaiki diri. 5. Pengalaman yang baik perlu dipertahankan, jika perlu ditingkatkan.

44

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Tugas Portofolioku

Coba urutkan peristiwa penting yang terjadi dalam keluargamu, kerjakan di buku tugasmu.

Tanggal :

Nilai :

Peristiwa Penting dalam Keluarga

Paraf Guru :

45

Ayo Berlatih I.

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang benar, salinlah jawabannya di buku tugasmu.

1.

Peristiwa yang telah dialami disebut peristiwa masa .... c. yang akan datang a. sekarang b. lalu Perilaku yang baik perlu kita .... a. hindari c. abaikan b. pertahankan Perilaku yang tidak baik perlu kita .... a. ulangi c. tinggalkan b. pertahankan Peristiwa jatuh dari sepeda adalah peristiwa .... a. menyedihkan c. mengesankan b. menyenangkan Gambar di bawah yang merupakan perilaku yang buruk adalah .... a. c.

2.

3.

4.

5.

b.

46

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

6.

Nasihat orangtua sebaiknya .... a. dipatuhi b. diabaikan c. bantah

7.

Gambar di samping adalah merupakan peristiwa yang .... a. menyenangkan b. menyedihkan c. memilukan

8.

Keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak disebut keluarga .... a. inti b. besar c. kecil 9. Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak disebut keluarga .... a. catur warga b. panca warga c. dwi warga 10. Yang merupakan peristiwa penting adalah .... a. pernikahan b. mengerjakan PR c. berangkat sekolah tiap hari II.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar. Kerjakan di buku tugasmu.

1. 2. 3. 4. 5.

Peristiwa ada yang menyenangkan dan ada pula yang .... Perilaku yang buruk harus .... Perilaku yang baik harus.... Nasehat orang tua harus kita .... Antara anggota keluarga harus saling ....

Peristiwa Penting dalam Keluarga

47

6. 7. 8. 9.

Peristiwa masa lalu bisa dijadikan sebagai .... Sebagai seorang siswa kita harus rajin .... Rajin pangkal .... Peristiwa masa lalu dapat dilihat dan dikenang kembali melalui album .... 10. Terbentuknya sebuah keluarga dimulai dari peristiwa .... III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar. Kerjakan di buku tugasmu. 1. 2. 3. 4. 5.

48

Sebutkan tiga peristiwa penting yang pernah kamu alami! Jelaskan mengapa kita harus menghormati orang tua! Sebutkan cara menghormati orang tua! Apa yang kamu lakukan jika berbuat kesalahan? Sebutkan peristiwa menyedihkan yang pernah kamu alami!

Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Ayo Berlatih Semester 1 I.

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang benar, salinlah jawabannya di buku tugasmu.

1.

Keterangan yang dapat diperoleh pada akta kelahiran .... a. pekerja orang tua b. nama anak c. alamat rumah Piagam penghargaan sebaiknya disimpan di .... a. meja makan b. lemari baju c. lemari dokumen Album foto berguna untuk mengenang kejadian pada .... a. sedang berlangsung b. masa lalu c. akan datang Setiap anak mempunyai .... a. hadiah b. akta kelahiran c. juara Di bawah ini yang termasuk koleksi benda .... a. piala b. akta kelahiran c. ijazah Agar tidak hilang rapor disimpan di .... a. lemari dokumen b. meja makan c. lemari baju Mendaftarkan sekolah merupakan .... dalam keluarga. a. peristiwa penting b. peristiwa menyedihkan c. kejadian buruk

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Peristiwa Penting dalam Keluarga

49

8.

Peristiwa pada masa lalu perlu .... a. diabaikan b. diingat c. dilupakan 9. Kita ada karena peristiwa .... a. pernikahan bibi b. pernikahan ayah dan ibu c. pernikahan paman 10. Setiap orang yang berusia tujuh belas tahun harus memiliki .... a. kartu Tanda Penduduk b. Kartu keluarga c. akta kelahiran II.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar, kerjakan di buku tugasmu.

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Buku tabungan merupakan .... penting. Setelah lulus sekolah akan mendapatkan .... Kita harus .... teman yang sakit. Kita lahir karena ada peristiwa .... Merayakan ulang tahun merupakan .... Foto merupakan .... penting. Nama seorang anak dapat dilihat di .... Akta kelahiran dapat dimanfaatkan untuk .... Apabila kita mendapatkan musibah berarti kita mengalami peristiwa yang .... 10. Peristiwa yang biasanya diingat karena diperingati setiap tahun adalah .... III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar, kerjakan di buku tugasmu. 1. 2. 3. 4. 5.

50

Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa? Berikan contoh perilaku yang dipertahankan! Apa kegunaan foto? Apa yang akan terjad jika benda koleksi dibiarkan saja? Apa yang dimaksud dengan bahwa semua peristiwa itu pasti ada hikmahnya? Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar

Tujuan P embelajaran. Pembelajaran. Setelah mempelajari materi di bawah ini kamu diharapkan dapat : 1. Menggambarkan kedudukan setiap anggota keluarga. 2. Menyebutkan silsilah keluarga. 3. Menceritakan peran setiap anggota keluarga.

Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Masing-masing mempunyai peran dalam keluarga. Tiap anggota keluarga mempunyai kedudukan penting. Ayah sebagai kepala keluarga. Ibu sebagai ibu rumah tangga. Apa peranmu dalam keluarga? Ayo kita pelajari di bab ini. Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga

51

IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf

There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 3.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

668KB Sizes 2 Downloads 220 Views

Recommend Documents

IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf. IPS SD-MI Kelas 2. Bab 6.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

kelas 2 IPS 1.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. kelas 2 IPS 1.pdf.

PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf. PAI SD-MI Kelas 2. Bab 2.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu.

Kelas VII IPS BG.pdf
Page 3 of 216. Kelas VII IPS BG.pdf. Kelas VII IPS BG.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying Kelas VII IPS BG.pdf.

Kelas VII IPS BS.pdf
Page 3 of 328. Kelas VII IPS BS.pdf. Kelas VII IPS BS.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying Kelas VII IPS BS.pdf. Page 1 of 328.

IPS Kelas 4.pdf
Masalah sosial yang sering melibatkan anak-anak remaja antara lain .... A. bakti sosial pramuka. B. pelanggaran lalu lintas. C. perkelahian pelajar. D. kegiatan karang taruna. 19. Contoh teknologi komunikasi yang termasuk dalam kelompok media massa a

Kelas VII IPS BG.pdf
ISBN 978-602-282-329-2 (jilid lengkap). ISBN 978-602-282-330-8 (jilid 1). Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi). Disusun dengan huruf Times New Roman, 12 pt.

02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf
Page 3 of 18. 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf. 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying 02. IPS KLS 9 BAB 1.pdf.

13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf
There was a problem loading this page. Retrying... Whoops! There was a problem loading this page. 13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf. 13. IPS KLS 8 BAB 12.pdf. Open.

17. IPS KLS 8 BAB 16.pdf
Whoops! There was a problem loading more pages. Retrying... Whoops! There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. 17. IPS KLS 8 BAB 16.pdf. 17. IPS KLS 8

MODUL PLPG IPS BAB-I-KEADAAN-SOSIAL-BUDAYA-PADA ...
berasal dari Yunnan (Cina Selatan). Jadi ... Yunnan kembali ke wilayah asalnya. Gambar 1.1. Perahu ... MASA-PRAAKSARA-HINDU-BUDDHA-DAN-ISLAM.pdf.